Penyakit Gonore Disebabkan Oleh Bakteri yang Ditemukan Neisser

 Gonore, juga dikenal sebagai kencing nanah, adalah penyakit menular seksual yang disebabkan oleh infeksi bakteri yang dapat menyerang siapa saja, baik pria maupun wanita, terutama di kalangan anak muda usia 15-24 tahun. Penyakit ini ditandai dengan keluarnya cairan kental berwarna kuning atau hijau. Orang yang melakukan hubungan seksual yang tidak sehat, seperti tidak memakai kondom, berganti-ganti pasangan, maupun berhubungan dengan orang yang menderita Penyakit Menular Seksual, rentan mengalami penyakit kencing nanah ini.

 Apa itu Gonore (Kencing Nanah)?

Gonore adalah infeksi menular seksual yang dipicu oleh bakteri Neisseria gonorrhoeae. Bakteri ini cenderung menargetkan area tubuh yang hangat dan lembab, seperti uretra, mata, tenggorokan, vagina, dubur, serta saluran reproduksi wanita.

 Gejala Penyakit Gonore

Setelah terinfeksi, masa inkubasi gonore sampai munculnya gejala klinis berlangsung sangat cepat, biasanya antara 2-5 hari. Gejala pada pria dan wanita dapat berbeda. Pada wanita, gonore umumnya tidak menunjukkan gejala, namun pada pria, gejalanya meliputi keluarnya cairan dari lubang kencing, nyeri saat buang air kecil, dan peradangan pada ujung kemaluan.



 Penyebab Gonore

Penyebab kencing nanah adalah infeksi bakteri Neisseria gonorrhoeae yang menular melalui kontak seksual. Bakteri ini berkembang di area yang hangat dan lembab di selaput lendir tubuh, seperti alat kelamin, mulut, tenggorokan, mata, dan rektum. Faktor risiko meliputi perilaku seks yang berisiko dan memiliki riwayat penyakit menular seksual.

 Komplikasi dan Pengobatan Gonore

Gonore yang tidak diobati dapat menyebabkan komplikasi berbahaya, seperti infertilitas, nyeri panggul, infeksi sendi, dan komplikasi pada bayi yang tertular dari ibunya saat melahirkan. Namun, gonore dapat diobati dengan antibiotik yang sesuai, baik itu diminum atau disuntik. Pengobatan yang tepat sangat penting untuk mencegah komplikasi.

 Cara Mencegah Penyakit Gonore

Menghindari faktor risiko merupakan cara utama untuk mencegah gonore. Hal-hal yang dapat dilakukan untuk mencegah terkena gonore antara lain adalah melakukan hubungan dengan pasangan yang saling monogami, menggunakan kondom dengan benar setiap kali berhubungan seks, dan melakukan skrining penyakit menular seksual secara teratur.

 Pengobatan Alternatif

Selain pengobatan konvensional dengan antibiotik, terdapat juga metode pengobatan alternatif menggunakan herbal yang telah teruji aman. Salah satu contohnya adalah Triganos Bharata, yang mengandung Phyllantus Urinaria dan Orthosiphon aristatus. Produk ini telah tersertifikasi aman oleh BPOM.



Gonore adalah penyakit menular seksual yang serius, namun dapat diobati dan dicegah dengan tindakan yang tepat. Penting untuk meningkatkan kesadaran akan gejala, penyebab, dan cara mengobati serta mencegah penyakit ini untuk menjaga kesehatan seksual kita.